Ratusan Cagar Budaya Papua Telantar

Jayapura, Sekitar 120 cagar dan situs budaya yang terdata resmi pada Dinas Kebudayaan Papua saat ini tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat.
Lokasi obyek budaya tersebut tampak dipenuhi rerumputan dan sebagian bangunan sudah lapuk. Pemerintah menilai obyek-obyek itu tidak memberi kontribusi berarti bagi pembangunan di daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan Papua Dominggus Rumbewas di Jayapura, Kamis (21/7), membenarkan hal ini. Padahal, pihak Dinas Kebudayaan Papua telah menempatkan petugas yang disebut juru kunci untuk membersihkan tempat tersebut.

”Mereka dibayar Rp 25.000 per bulan, tetapi tidak bekerja. Sejumlah cagar dan situs budaya, seperti bekas penjara Bung Hatta di Boven Digoel, Tanah Merah, situs peninggalan Perang Dunia II, tapak tangan di Kokas, goa Jepang, dan beberapa bekas markas tentara Sekutu, tampak kotor, ditumbuhi rumput, dan tidak terawat,” kata Rumbewas.

Terbatas

Dana untuk rehabilitasi dan pemugaran cagar budaya dan situs budaya itu sangat terbatas. Sementara itu, pemerintah kabupaten/kota sebagian tidak memiliki kantor dinas kebudayaan, tetapi digabungkan dengan dinas lain sehingga kegiatan untuk merehabilitasi cagar dan situs budaya pun terbatas.

Ratusan cagar dan situs budaya itu tersebar hampir di seluruh daerah kabupaten/kota di Papua dan di Irian Jaya Barat. Tempat bersejarah ini tidak mendapat perhatian. Bahkan, ada puluhan bangunan sudah lapuk, berlumut, dan tidak menyerupai cagar atau situs budaya lagi, selain hewan ternak berkeliaran.

Banyak bupati/wali kota tidak memberi perhatian khusus terhadap cagar dan situs budaya tersebut karena dinilai tidak memberi kontribusi bagi pendapatan asli daerah. Mereka tidak memahami nilai sejarah di balik bangunan-bangunan atau benda-benda tersebut. (KOR)

(sumber: kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: