Seni Papua Terancam Punah

Biak – Surabaya Post Beragam karya seni budaya asli Papua mulai terancam punah akibat belum mendapat perlindungan dalam peraturan daerah khusus (Perdasus) maupun peraturan daerah provinsi (Perdasi).
Pengawas Kebudayaan dan Kesenian Papua, Fhilip Ramandey di Biak, Kamis (25/9) mengharapkan, pemerintah provinsi bersama DPR Papua segera mengesahkan Perdasi dan Perdasus sebagai bentuk proteksi dalam menjaga keaslian budaya Papua.

“Ketika Belanda menguasai Biak, telah ada pengakuan perlindungan budaya asli Papua. Tapi sekarang tidak ada peraturan daerah yang melindungi karya seni di Papua,” kata Ramandey menanggapi pembentukan Perdasus dan Perdasi perlindungan budaya asli Papua.

Ia mengatakan, pembentukan Perdasus dan Perdasi untuk perlindungan karya seniman sangat mendesak disahkan oleh pihak pemerintah dan DPR. Penyiapan itu merupakan salah satu upaya masyarakat Papua dalam menjaga keaslian budayanya.

Ada beberapa budaya asli Papua yang mengalami pergeseran. Menurut Ramandey, di Genyem Kabupaten Jayapura, warga asli Papua telah mengubah pola makan “papeda” dengan tahu.

“Sesuai budaya setempat, biasanya makan papeda dengan ikan gabus tapi kenyataan sekarang lauk untuk makan papeda adalah tahu,” ujarnya. Perubahan budaya lainnya, lanjut dia, patung lukisan yang dijual di kawasan sentra pasar Hamadi yang dulu dihasilkan masyarakat Sentani, Jayapura, kini dapat dibuat pengrajin patung dari Makassar. Juga Tifa, genderang khas Biak, pada awalnya dibuat dua tempat tabuhnya tetapi kini tinggal satu tempat.

“Karya seni asli Papua jika tidak dilindungi dari sekarang, beberapa tahun kedepan akan punah serta tidak dikenali lagi generasi muda. Karena itu Perdasus dan Perdasi sangat tepat untuk menjaga keaslian budaya Papua,” kata dia.

Menanggapi ajang festival seni Papua, menurut Ramandey, karena seni merupakan pesta rakyat maka perlu dipublikasikan. “Rakyat selalu menggelar pesta tetapi masyarakat Papua tidak begitu banyak menghadiri,” ungkap.(Ntr)

(sumber: Surabaya Post)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: