Komitmen Melanjutkan Nilai-Nilai Leluhur

Conservation International Indonesia Raja Ampat Program

CI Raja Ampat Program, 2008
63 halaman

Sejak tahun 2004, Conservation InternationaI (CI) telah melakukan kerja-kerja konservasi untuk melindungi kekayaan keanekaragaman hati Raja Ampat, Papua. Kerja-kerja konservasi itu telah membuahkan hasil. Kesadaran akan pentingnya konservasi Raja Ampat kini tidak hanya ditunjukkan oleh masyarakat lokal, tetapi juga masyarakat luas.

Salah satu kerja-kerja konservasi CI di Raja Ampat adalah membuat kapal  Kalabia. Kapal ini adalah kapal yang khusus dirancang dan digunakan untuk program pendidikan konservasi bagi anak-anak dan dewasa di Raja Ampat. Selain itu, CI juga membangun radio jaringan komunitas Raja Ampat, membuat Tabloid Raja Ampat, menguatkan jejaring dengan agamawan dan LSM, dan membuat Forum Penegak Hukum Perairan.

Pertanyaan seringkali muncul tentang kenapa CI fokus kepada program konservasi di Raja Ampat. Jawabannya sederhana: Kepulauan Raja Ampat yang membentang seluas 4.600.000 ha di barat Papua dan di sebelah timur Pulau Halmahera itu memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Di Kabupaten Raja Ampat saja, terdapat 610 pulau dengan 4 pulau besar meliputi P. Waigeo, P. Batanta, P. Salawati, dan P. Misool.
Kepulauan Raja Ampat memiliki karakter yang sangat beragam, meliputi atoll, pulau-pulau karst, pulau terumbu, taka (patch reef), hingga gunung laut (seamount), dengan ekosistem yang beragam pula, dari hutan hujan tropis dan padang savanna di daratan, hingga ekosistem mangrove, padang lamun, dan terumbu karang di pesisir.

Para ilmuwan menyebut kepulauan yang diapit oleh Samudera Pasifik di sebelah utara dan Laut Seram di sebelah selatan ini sebagai jantung segitiga karang dunia. Conservation International (CI) mencatat, saat ini terdapat 1186 jenis ikan karang yang hidup di laut Kepulauan Raja Ampat.

Untuk mengetahui kerja-kerja konservasi CI di raja Ampat secara lengkap, Anda bisa membaca Laporan Tahunan 2008 Program Raja Ampat Conservation International Indonesia, “Komitmen Melanjutkan Nilai-nilai Luhur”. (Marison Guciano)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: